Makanan yang Membantu Menurunkan Kolesterol Jahat

Cara menurunkan kolesterol dengan makanan - Kolesterol bisa menjadi masalah besar bagi banyak orang. Pola hidup sehat dengan makanan yang sehat serta olahraga teratur bisa membuat Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari segala penyakit. Namun bagaimana cara mengatasi kolesterol? Ada banyak makanan yang mengandung kolesterol yang buruk untuk kesehatan Anda, tapi disamping itu ada juga makanan yang bisa  mengurangi kolesterol jahat Anda. Untuk itu makan secara seimbang sangatlah baik untuk tubuh, dalam arti makan yang bervariasi setiap hari dengan tetap memperhatikan kandungan dari makanan tersebut. Agar Anda bisa mengurangi kolesterol jahat pada tubuh Anda, berikut makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol.
Kacang
Kacang adalah salah satu sumber nabati terbaik dari protein, dan mereka pengganti yang baik untuk produk daging sapi, ayam, dan susu. Mereka juga salah satu sumber terbaik serat pencernaan, yang membantu untuk membersihkan kolesterol dari saluran pencernaan Anda. Serta kacang hitam dan pinto yang sarat dengan antioksidan yang baik untuk hati.

Gandum
Makanan kaya serat lain yaitu gandum, gandum adalah salah satu hal terbaik untuk dikonsumsi saat sarapan. Satu porsi gandum sarat dengan serat yang memerangi kolesterol dan dibutuhkan tubuh Anda, serta banyak protein, banyak karbohidrat, dan bahkan beberapa lemak sehat. Menambahkan sedikit buah (terutama pisang) dalam oatmeal Anda adalah salah satu cara terbaik untuk melawan kolesterol dengan cara yang sehat.

Kacang-kacangan
Kacang adalah sumber serat yang baik, tetapi mereka juga sarat dengan lemak sehat yang akan meningkatkan produksi tubuh Anda dari kolesterol HDL. Semua kacang baik untuk jantung Anda, asalkan Anda memakannya dengan terkontrol.

Biji-bijian
Jika Anda serius menurunkan kolesterol Anda, menambahkan biji-bijian untuk diet Anda adalah salah satu hal paling cerdas yang dapat Anda lakukan. Biji-bijian yang penting karena fakta bahwa mereka kaya  dengan serat, yang membantu untuk membersihkan kolesterol dari tubuh Anda. Barley, quinoa, beras merah, millet, dan biji-bijian lainnya secara keseluruhan akan melakukan keajaiban bagi jantung Anda.

Buah-buahan
Ada banyak buah-buahan untuk makan untuk membersihkan kolesterol, namun apel adalah salah satu yang terbaik. Apel memang kaya pektin, bentuk serat yang menghilangkan kolesterol dan melawan penyakit jantung. Anggur dan stroberi juga baik untuk jantung Anda, berkat antioksidan dan vitamin C yang dikandungnya. Buah jeruk seperti lemon, limau, dan jeruk  kaya akan Vitamin C yang akan membantu untuk mencegah oksidasi kolesterol.

Lemak Ikan
Apakah Anda tahu bahwa makan sedikit lebih banyak lemak dapat membantu menurunkan kolesterol Anda? Ikan berlemak seperti tuna, salmon, dan sarden mengandung Omega-3 asam lemak, yang membantu mengurangi peradangan dan mencegah pengerasan kolesterol dalam arteri Anda. Omega-3 akan membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh Anda, dan akan melakukan banyak hal untuk mencegah berbagai penyakit jantung lainnya.

Kedelai
Kedelai yang sarat dengan nutrisi akan membantu untuk menurunkan kolesterol Anda. Kacang kedelai mungkin bentuk terbaik dari kedelai untuk di makan, tetapi Anda bisa makan tahu, minum susu kedelai, atau bahkan menambahkan protein kedelai untuk makanan Anda. Anda akan menemukan bahwa makan lebih kedelai adalah cara yang baik untuk melawan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung Anda!

Sayuran

Sayuran berserat tinggi, yang berarti bahwa mereka akan menyerap banyak kolesterol dari makanan sebelum diserap oleh tubuh Anda. Sayuran juga sangat rendah lemak, sehingga mereka tidak akan menambahkan kolesterol lebih. Pada dasarnya, semakin banyak sayuran yang Anda makan, semakin sehat tubuh Anda!